Uji Kompetensi ( UK ) Guru PAI dengan 100 Soal
Contoh Soal Uji Kompetensi ( UK ) Guru PAI :Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua
orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar
belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan,
karakteristik lain disebut . . . .
|
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
Q.2)
|
Inovasi merupakan suatu
perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya,
disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan
tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew B. Milers
|
C.
|
Sumantri Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
Q.3)
|
Mencari penguatan terhadap
keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
|
A.
|
Bujukan (persuasion)
|
B.
|
Konfirmasi (confirmation)
|
C.
|
Implementasi (implementation)
|
D.
|
Pengembalian keputusan (decision making)
|
Q.4)
|
Salah satu sifat perubahan
dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam
siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan,
disebut . . . .
|
A.
|
Addition
|
B.
|
Restructuring
|
C.
|
Alternation
|
D.
|
Substitution
|
Q.5)
|
Tahap pada saat
individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi
terhadap inovasi dikategorikan ……………………………
|
A.
|
Tahap pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap pengembalian keputusan (decision making)
|
D.
|
Tahap implementasi (implementation)
|
Q.6)
|
Pernyataan di bawah ini
merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
fisik, kecuali ….
|
A.
|
menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
|
B.
|
memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
|
C.
|
penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
|
D.
|
memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
|
Q.7)
|
Kreativitas merupakan salah
satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan
untuk ….
|
A.
|
memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain |
B.
|
penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat
diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan |
C.
|
berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan
tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan |
D.
|
mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka
penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang |
Q.8)
|
Pernyataan di bawah ini
yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari
aspek sosial adalah….
|
A.
|
mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
|
B.
|
berperan serta dalam permainan logika
|
C.
|
menyukai teman sebaya lawan jenis
|
D.
|
dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
|
Q.9)
|
Pernyataan di bawah ini
merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
emosional, kecuali ….
|
A.
|
kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan
bertahan
sampai akhir |
B.
|
menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
|
C.
|
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih
dewasa
|
D.
|
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih
dewasa
|
Q.10)
|
Perkembangan perilaku moral
dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang
harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang
anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
|
A.
|
coba-ralat (trial and error)
|
B.
|
pendidikan langsung,
|
C.
|
identifikasi
|
D.
|
observasi
|
Q.11)
|
Dalam proses pembelajaraan
Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan
kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran
memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
|
A.
|
kesehatan
|
B.
|
status
|
C.
|
penampilan
|
D.
|
pekerjaan
|
Q.12)
|
Ketika dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan
pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat
siswa terhadap….
|
A.
|
penampilan
|
B.
|
pekerjaan
|
C.
|
sekolah
|
D.
|
status
|
Q.13)
|
Dalam proses pembelajaran
tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat
dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat
mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang
apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas,
dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
|
A.
|
seks
|
B.
|
penampilan
|
C.
|
kesehatan
|
D.
|
pekerjaan
|
Q.14)
|
Minat siswa yang dapat
teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang
status’. Salah satunya adalah ….
|
A.
|
nama-nama keluarga
|
B.
|
penampilan diri
|
C.
|
ikatan kekerabatan
|
D.
|
jenis pekerjaan orang tua
|
Q.15)
|
Dalam proses pembelajaran
PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus
dimiliki siswa adalah ….
|
A.
|
mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
|
B.
|
melaksanakan hidup rukun di masyarakat
|
C.
|
mengenal lingkungan rumah dan sekolah
|
D.
|
mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
|
Q.16)
|
Untuk membelajarkan
kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus
dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membagi
|
B.
|
menjumlah
|
C.
|
mengurang
|
D.
|
menghitung
|
Q.17)
|
Untuk membelajarkan
kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus
dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membuat karangan deskriptif
|
B.
|
melengkapi kalimat belum selesai
|
C.
|
menyusun kalimat sederhana
|
D.
|
membaca kalimat sederhana
|
Q.18)
|
Kemampuan awal/prasyarat
yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar:
‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’,
adalah ….
|
A.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia
|
B.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Eropa
|
C.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
|
D.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Afrika
|
Q.19)
|
Pemahaman simbol merupakan
salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut
dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
|
A.
|
4 + 3 = …..
|
B.
|
9 – 6 = …..
|
C.
|
8 – … = ….
|
D.
|
5 + 4 = ….
|
Q.20)
|
Berikut ini karakteristik
anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah
dasar, kecuali ….
|
A.
|
adanya gangguan hubungan keruangan
|
B.
|
kesulitan dalam bahasa dan membaca
|
C.
|
gangguan mengenal dan memahami simbol
|
D.
|
performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
|
Q.21)
|
Perhatikan soal-soal di
bawah ini.
75
68
27
13 _____ _ _____ + 58
71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering
dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
|
A.
|
proses penghitungan
|
B.
|
memahami simbol
|
C.
|
nilai tempat
|
D.
|
bahasa dan membaca
|
Q.22)
|
Berikut ini kesulitan yang
dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada
organ wicara, kecuali ….
|
A.
|
suara
|
B.
|
kosakata
|
C.
|
artikulasi
|
D.
|
kelancaran
|
Q.23)
|
Salah satu contoh kesulitan
belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
|
A.
|
menangkap makna secara penuh
|
B.
|
mengingat kembali kata-kata
|
C.
|
membandingkan informasi yang diterima
|
D.
|
merumuskan alternatif pemecahan masalah
|
Q.24)
|
Pembelajaran Kontekstual
dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena
karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
|
A.
|
Membangkitkan minat siswa.
|
B.
|
Merangsang siswa lebih aktif belajar.
|
C.
|
Memberi kesempatan siswa berkreasi.
|
D.
|
Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
|
Q.25)
|
Kompetensi yang harus
dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007
adalah kompetensi …..
|
A.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
|
B.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan social.
|
C.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
|
D.
|
Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.
|
Q.26)
|
Setiap guru wajib membuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari
Permendiknas …..
|
A.
|
Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
|
B.
|
Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
|
C.
|
Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
D.
|
Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
|
Q.27)
|
Standar nasional pendidikan
yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan
pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau
nasional agar tercapai efisien dan efektivitas penyelenggaraan
pendidikan disebut ….
|
A.
|
Standar Proses.
|
B.
|
Standar Kompetensi Lulusan.
|
C.
|
Standar Sarana dan Prasarana.
|
D.
|
Standar Pengelolaan.
|
Q.28)
|
Sejumlah kemampuan yang
harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan
untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
|
A.
|
Standar Kompetensi
|
B.
|
Kompetensi Dasar
|
C.
|
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
|
D.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Q.29)
|
Q.S. Al – Imron dalam
Al – Qur’an menyuruh kita untuk bermusyawarah terdapat pada ayat……….
|
A.
|
159
|
B.
|
35
|
C.
|
37
|
D.
|
38
|
Q.30)
|
Pengertian demokrasi
yaitu……
|
A.
|
rakyat segala – galanya
|
B.
|
rakyat yang berkuasa
|
C.
|
Taat pemerintah
|
D.
|
Sistem pemerintah dgn kedaulatan tertinggi ditangan rakyat
|
Q.31)
|
Kata Musyawarah berasal
dari bahasa ……………
|
A.
|
latin
|
B.
|
inggris
|
C.
|
arab
|
D.
|
yunani
|
Q.32)
|
Demokrasi berasal dari kata
“ demos” dan “ kratos sehingga demokrasi berarti …………..
|
A.
|
rakyat segala – galanya
|
B.
|
Taat pemerintah
|
C.
|
pemerintah dan rakyat
|
D.
|
taat pemerintah
|
Q.33)
|
Arti dari Fa’fu anhuh
artinya adalah……..
|
A.
|
kamu bersikap
|
B.
|
lemah lembut
|
C.
|
maafkanlah mereka
|
D.
|
berhati kasar
|
Q.34)
|
Q.S. Al – Imran termasuk
golngan Surat ……………
|
A.
|
makiyyah
|
B.
|
madaniyyah
|
C.
|
makkah
|
D.
|
munawwaroh
|
Q.35)
|
Berda’wah dalam islam harus
dengan…………..
|
A.
|
kekerasan
|
B.
|
kelembutan
|
C.
|
keganasan
|
D.
|
ketegasan
|
Q.36)
|
Nun bertemu dengan huruf
Qof disebut…………..
|
A.
|
Ikhfa
|
B.
|
iglab
|
C.
|
idzhar
|
D.
|
qolqolqh
|
Q.37)
|
Kita tidak boleh
bersikap toleransi dalam hal…..
|
A.
|
muamalah
|
B.
|
aqidah
|
C.
|
iabadah
|
D.
|
ubudiyah
|
Q.38)
|
Qs. Al – Imran dalam Al –
Qur’an berada dalam urutan ke……………
|
A.
|
1
|
B.
|
2
|
C.
|
3
|
D.
|
4
|
Q.39)
|
Masalah iman kepada
malaikat dibahas dalam bidang……….
|
A.
|
iabadah
|
B.
|
syariah
|
C.
|
aqidah
|
D.
|
ubudiyah
|
Q.40)
|
Malaikat diciptakan Allah
dengan tugas……
|
A.
|
mengurus alam semesta
|
B.
|
memantau hutan
|
C.
|
mengintai manusia
|
D.
|
memberi amal
|
Q.41)
|
Allaziina Yu’minuna bil
Qoib…..Bunyi firman tersebut terdapat dalam surat
|
A.
|
al baqoroh ayat 1
|
B.
|
al baqoroh ayat 2
|
C.
|
al baqoroh ayat 3
|
D.
|
al baqoroh ayat 4
|
Q.42)
|
Menurunkan
hujan,menumbuhkan tumbuh – tumbuhan membagi rezeki, tugas
malaikat……………..
|
A.
|
ji bril
|
B.
|
mikail
|
C.
|
isrofil
|
D.
|
munkar
|
Q.43)
|
Malaikat mempunyai sifat –
sifatnya, kecuali…………………….
|
A.
|
selalu taat
|
B.
|
lemah lembut
|
C.
|
tidak berdosa
|
D.
|
tidak mempunyai nafsu
|
Q.44)
|
Malaikat Allah yang
diberitugas menjaga pintu surga, adalah……………..
|
A.
|
jibril
|
B.
|
mikail
|
C.
|
ridwan
|
D.
|
malik
|
Q.45)
|
Ada malaikat yang disebut
ruhul Qudus,yang dimaksud adalah malaikat…………..
|
A.
|
jibril
|
B.
|
mikail
|
C.
|
isrofil
|
D.
|
munkar
|
Q.46)
|
Yang dimaksud dengan
makhluk Syahadah adalah…………..
|
A.
|
yang nyata
|
B.
|
samar – samar
|
C.
|
gelap
|
D.
|
meragukan
|
Q.47)
|
Di bawah ini tanda – tanda
beriman kepada malaikat,kecuali …..
|
A.
|
selalu waspada
|
B.
|
gemar beramal
|
C.
|
pasrah dalam kehidupan
|
D.
|
berlomba – lomba dalam kebaikan
|
Q.48)
|
Orang yang beriman kepada
malaikat huidupnya akan tenang dan tenterammeskipun benyak
menghadapi cobaaan hidup, hal ini merupakan salah satu dari………………
|
A.
|
Hikmah beriman kepada Malaikat
|
B.
|
Tugas dan kewajiban bagi manusia
|
C.
|
Kedudukan sebagai makhluk yang sempurna
|
D.
|
Anjuran manusia untuk sabar dalam hidup di dunia
|
Q.49)
|
Teruskan Ayat Al – Qu’ran “
Huz min amwaalihim……………..tuthohhiruhum watuzakkihim biha
|
A.
|
shodaqotan
|
B.
|
sholatahum
|
C.
|
shilamahum
|
D.
|
salamun
|
Q.50)
|
Nabi Muhammad Saw. Bersabda
“Sesungguhnya Allah itu indah lagi menyukai keindahan “ hadis ini
diriwayatkan oleh …………….
|
A.
|
HR. Muslim
|
B.
|
HR. Bukhori
|
C.
|
abu daud
|
D.
|
Tirmiji
|
Q.51)
|
Sifat – sifat terpuji
dibawah ini, kecuali…………….
|
A.
|
sabar
|
B.
|
ujub
|
C.
|
tawaddu
|
D.
|
ikhlas
|
Q.52)
|
Berikut ini sifat terpuji
yang harus dimiliki oleh setiap muslim, kecuali……………..
|
A.
|
adil
|
B.
|
jujur
|
C.
|
ridha
|
D.
|
husnul khotimah
|
Q.53)
|
Menutup seluruh badan
selain yang dikecualikan, terdapat dalam Al – Qur’an Qs…………….
|
A.
|
an-nur 30
|
B.
|
an-nur 31
|
C.
|
an-nur 32
|
D.
|
an-nur 33
|
Q.54)
|
Memperlihatkan
perbuatan baik kepada oarang lain disebut….
|
A.
|
aniaya
|
B.
|
riya
|
C.
|
dholim
|
D.
|
takabbur
|
Q.55)
|
Amal yang mendatangkan
mudhorot disebut amal………….
|
A.
|
sayyiah
|
B.
|
mahmudah
|
C.
|
mauziah
|
D.
|
tauziah
|
Q.56)
|
Perbuatan yang melampaui
batas arti dari istilah………………
|
A.
|
dzolim
|
B.
|
dzulmun
|
C.
|
mazmumah
|
D.
|
qonaah
|
Q.57)
|
Qs. An – Nisa ayat 32
berisi larangan Allah untuk ………….
|
A.
|
iri hati kepada orang lain
|
B.
|
perbuatan aniaya
|
C.
|
menyayangi dan menghormati
|
D.
|
mencela aiab
|
Q.58)
|
Berdasarkan hadis yang
diriwayatkan oleh Abu Daud,keburukan sifat Hasad adalah ………….
|
A.
|
Merusak iman pemiliknya
|
B.
|
Mendatangkan bencana
|
C.
|
Menghapus kebaiakan
|
D.
|
Merusak mental orang yang berbuat dengki
|
Q.59)
|
Menurut bahasa Infak
berasal dari kata…………
|
A.
|
Nafaqo
|
B.
|
nafiqo
|
C.
|
fuqoha
|
D.
|
latifa
|
Q.60)
|
Adapun Syarat – syarat
wajib zakat, kecuali …………
|
A.
|
Islam
|
B.
|
Milik pribadi penuh
|
C.
|
Salah semua
|
D.
|
Harta itu telah dimiliki selama satu tahun
|
Q.61)
|
Surat Al Fatihah disebut
juga ……………..
|
A.
|
Afdolus Surah
|
B.
|
Ummul Qur’an
|
C.
|
Ummul Hadis
|
D.
|
Khoirul Qur’an
|
Q.62)
|
Thawaf yang termasuk rukun
haji adalah …. …………….
|
A.
|
Thawaf Sunah
|
B.
|
Thawaf Ifadah
|
C.
|
Thawaf Nazar
|
D.
|
Thawaf Qudum
|
Q.63)
|
Menurut UU RI No 38 tahun
1999 tentang …………….
|
A.
|
Pengelolaan Zakat
|
B.
|
Pengelolaan Haji
|
C.
|
Pengelolaan Umroh
|
D.
|
Penentuan Hari Besar Islam
|
E.
|
Penentuan Hari Besar Islam
|
Q.64)
|
Kata Wakaf menurut bahasa
Arab adalah…………
|
A.
|
Memberi
|
B.
|
Menahan
|
C.
|
Mengajak
|
D.
|
Menghimbau
|
Q.65)
|
Orang yang mewakafkan harta
miliknya disebut…………….
|
A.
|
Maukuf
|
B.
|
Maukuf alaih
|
C.
|
Wakif
|
D.
|
Nazhir
|
Q.66)
|
Orang yang menerima harta
wakaf disebut…………
|
A.
|
Maukuf
|
B.
|
Maukuf alaih
|
C.
|
Wakif
|
D.
|
Nazhir
|
Q.67)
|
Di Indonesia terdapat
peraturan tentang Wakaf,sedangkan peraturan Menteri dalam Negeri terdapat
pada No …………..
|
A.
|
1 Tahun 1977
|
B.
|
2 Tahun 1977
|
C.
|
3 Tahun 1977
|
D.
|
4 Tahun 1977
|
Q.68)
|
Orang yang mengeluarkan
zakat disebut juga……………..
|
A.
|
Gharim
|
B.
|
Muzaki
|
C.
|
Mustahik
|
D.
|
Riqob
|
Q.69)
|
Kewajiban zakat merupakan
rukun Islam yang ke
|
A.
|
ke 1
|
B.
|
ke 2
|
C.
|
ke 3
|
D.
|
ke 4
|
Q.70)
|
Seorang Muslim yang
mene,ukan harta Rikaz berupa emas sebesar 1000 gram, maka zakat yang
harus dikeluakan adalah………
|
A.
|
100 gram
|
B.
|
150 gram
|
C.
|
200 gram
|
D.
|
250 gram
|
Q.71)
|
Berhenti atau diam dipadang
arafah pada tanggal 9 Zulhijah disebut……….
|
A.
|
Sa’i
|
B.
|
Wukuf
|
C.
|
Thawaf
|
D.
|
Tahallul
|
Q.72)
|
Mengerjakan haji dengan
mendahulukan haji kemudian baru Ihrom disebut haji………..
|
A.
|
Ifrad
|
B.
|
Tamattu’
|
C.
|
Wada’
|
D.
|
Qiran
|
Q.73)
|
Kota Madinah pada saat
Rasulullah masih kanak – kanak dikenal dengan sebutan ……………..
|
A.
|
. Kota perdagangan
|
B.
|
Yatsrib
|
C.
|
Kota Pertanian
|
D.
|
Darul Islam
|
Q.74)
|
Saat pertama kali
diturunkan wahyu Allah kepada Nabi Muhammad SAW adalah pada tanggal
|
A.
|
17 Ramadhan
|
B.
|
18 Ramadhan
|
C.
|
19 Ramadhan
|
D.
|
1 Syawal
|
Q.75)
|
Perang Badar terjadi pada
tanggal…………….
|
A.
|
17 Ramadhan 2 H.
|
B.
|
18 Ramadhan 2 H.
|
C.
|
19 Ramadhan 2 H.
|
D.
|
Sya’ban 3 H
|
Q.76)
|
Iyya ka na’budu waiyya ka
nasta’in, artinya ………………………
|
A.
|
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya Engkaulah
kami mohon pertolongan
|
B.
|
Tunjukkan kami ke jalan yang lurus
|
C.
|
Allah Yang Maha Pengasih lagi penyayang
|
D.
|
Allah yang menguasai hari pembalasan
|
Q.77)
|
Langkah pertama yang
dilakukan Rasulullah utuk membina masyarakat Islam di Madinah adalah……………….
|
A.
|
Meletakan dasar – dasar politik
|
B.
|
mempersaudarakan Muhajirin dan Anshor
|
C.
|
Mendirikan Masjid
|
D.
|
Memberantas orang Munafiq
|
Q.78)
|
Sahabat nabi yang ikut
hijrah ke Madinah adalah ….
|
A.
|
Ali Bin Abu Bakar
|
B.
|
Ali Bin Abu Thalib
|
C.
|
Ali Bin Pulan
|
D.
|
Ali Bin Abu Bakar Assegaf
|
Q.79)
|
Malaikat yang menjadi
pemimpin seluruh malaikat adalah …
|
A.
|
Jibril
|
B.
|
Mikail
|
C.
|
Israfil
|
D.
|
Izrail
|
Q.80)
|
Malaikat diciptakan oleh
Allah dari …
|
A.
|
Api
|
B.
|
Air
|
C.
|
Cahaya
|
D.
|
Udara
|
Q.81)
|
Malaikat yang bertugas
menjaga pintu surga bernama …
|
A.
|
Raqib
|
B.
|
Malik
|
C.
|
Nakir
|
D.
|
Ridwan
|
Q.82)
|
Jumlah malaikat yang wajib
kita ketahui ada …
|
A.
|
10
|
B.
|
100
|
C.
|
1000
|
D.
|
Banyak
|
Q.83)
|
Percaya kepada malaikat
termasuk rukun …
|
A.
|
Islam
|
B.
|
Iman
|
C.
|
Ihsan
|
D.
|
Akhlak
|
Q.84)
|
Malaikat yang bertugas
menyampaikan wahyu kepada para Nabi adalah Malaikat …
|
A.
|
Mikail
|
B.
|
Jibril
|
C.
|
Mungkar
|
D.
|
Malik
|
Q.85)
|
Malaikat yang bertugas
menjaga pintu neraka adalah …
|
A.
|
Malik
|
B.
|
Jibril
|
C.
|
Raqib
|
D.
|
Ridwan
|
Q.86)
|
Setan diciptakan oleh Allah
dari …
|
A.
|
Air
|
B.
|
Cahaya
|
C.
|
Tanah
|
D.
|
Api
|
Q.87)
|
Malaikat Munkar dan Nakir
bertugas …
|
A.
|
Menjaga pintu neraka
|
B.
|
Meniup sangkala
|
C.
|
Menanyai manusia di alam kubur
|
D.
|
Mencabut nyawa
|
Q.88)
|
Malaikat Izrail bertugas …
|
A.
|
Membagi Rezki
|
B.
|
Meniup Sangkala
|
C.
|
Mencabut nyawa
|
D.
|
Mencatat amal baik
|
Q.89)
|
Manusia diciptakan dari
…………………
|
A.
|
Api
|
B.
|
Tanah
|
C.
|
Gandum
|
D.
|
Cahaya
|
Q.90)
|
Malaikat sangat taat kepada
Allah. Hal ini terbukti ketika malaikat diperintah bersujud kepada … yang
diciptakan oleh Allah dari tanah
|
A.
|
Adam
|
B.
|
Makhluk gaib
|
C.
|
Jibril
|
D.
|
Allah
|
Q.91)
|
Makhluk yang percaya kepada
Allah, tetapi memiliki jiwa sombong dan tidak mau sujud kepada Adam adalah …
|
A.
|
Setan
|
B.
|
Jin
|
C.
|
Iblis
|
D.
|
Malaikat
|
Q.92)
|
Malaikat yang diperintah
oleh allah untuk mengatur hujan dan rezeki adalah malaikat …
|
A.
|
Jibril
|
B.
|
Israfil
|
C.
|
Mikail
|
D.
|
Munkar
|
Q.93)
|
Seorang yang menuruti kata
hati untuk tidak menyontek saat ulangan dan meyakini adanya dua malaikat
pencatat amal, berarti ia melakukan pengalaman iman kepada malaikat …
|
A.
|
Malik dan ridwan
|
B.
|
Munkar dan Nakir
|
C.
|
Jibril dan Mikail
|
D.
|
Raqib dan Atid
|
Q.94)
|
Setiap kali kita shalat
kita selalu membaca syadattain. Ketika gerakan apakah kita membaca syahadat…
|
A.
|
berdiri tegak
|
B.
|
rukuk
|
C.
|
sujud
|
D.
|
tasyahud
|
Q.95)
|
Bunyi syahadat rasul yaitu…
|
A.
|
asyhadu alla ilaha illallah waasyhadu anna
muhammadarasulullah
|
B.
|
asyhadu alla ilaha illallah
|
C.
|
wa asyhadu anna muhammadarasulullah
|
D.
|
allahuma shalli ala muhammad
|
Q.96)
|
Asyhadu alla ilaha
illallah, adalah bunyi ….
|
A.
|
syahadattain
|
B.
|
syahadat tauhid
|
C.
|
syahadat rasul
|
D.
|
syahadat
|
Q.97)
|
Syahadat merupakan rukun
Islam yang…
|
A.
|
pertama
|
B.
|
kedua
|
C.
|
ketiga
|
D.
|
Kelima
|
Q.98)
|
Syahadat artinya…
|
A.
|
pembukaan
|
B.
|
persaksian
|
C.
|
rukun islam
|
D.
|
keyakinan
|
Q.99)
|
Syahadat ada….
|
A.
|
satu
|
B.
|
dua
|
C.
|
tiga
|
D.
|
empat
|
Q.100)
|
Bersaksi bahwa tidak ada
Tuhan selain Allah, disebut syahadat…
|
A.
|
tauhid
|
B.
|
rasul
|
C.
|
syahadatain
|
D.
|
allah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar